BLOG LOKERINDO.ID

Lokerindo
1 Maret 2016

Ya Anda Bisa Pensiun di Usia 40an

Usia pensiun biasanya sekitar 60 tahunan, namun mungkin Anda termasuk yang tidak ingin bekerja hingga usia tersebut. Mulailah berpikir untuk meninggalkan pekerjaan penuh waktu dengan berencana pensiun dini agar dapat menikmati hidup di usia 50 tahunan atau mungkin 40 tahunan.

Biasanya nominal fantastis yang ditawarkan beberapa perusahaan untuk yang berkeinginan pensiun dini cukup menggiurkan. Bila Anda kebetulan bekerja di perusahaan yang tidak menawarkan skema tersebut, Anda tetap bisa merencanakan dan mewujudkan keinginan tersebut, tanpa harus merasa khawatir dengan masalah finansial nantinya. Nah, jika Anda ingin pensiun dini, bukan hanya uang yang jadi pertimbangan, ada beberapa hal lain yang perlu masuk dalam perencanaan:

Apa yang akan saya kerjakan setelah pensiun?

Saat bekerja, ada kalanya Anda merasa frustrasi dengan kesibukan yang sepertinya tak ada habisnya. Belum lagi tambahan harus menghadapi macet setiap hari, kesulitan mengatur keseimbangan hidup dan seterusnya. Bila Anda berpikir pensiun bisa menyelesaikan masalah dan bisa lebih menikmati hidup, jawabannya ternyata, bisa iya atau tidak.

Begini, Anda terbiasa memiliki hal untuk dikerjakan setiap hari, dan jarang sekali bersantai. Hidup Anda berada di jalur yang cepat, peralihan ke jalur lambat bisa menyebabkan Anda merasa kehilangan arah. Jadi mulailah berpikir kegiatan yang ingin Anda lakukan saat pensiun nanti. Bisa saja Anda isi dengan menyalurkan hobi Anda dan lebih serius menekuninya misalnya berkebun, melakukan pekerjaan-pekerjaan sosial dengan aktif di beberapa organisasi yang menarik minat Anda. Menulis buku, mengajar sebagai dosen ahli, menjadi konsultan, atau memulai bisnis di rumah. Apa saja yang bisa mengisi waktu senggang Anda, sehingga di usia yang masih produktif, produktivitas Anda tetap tersalurkan meski bukan dalam bentuk kerja penuh-waktu lagi.

Bebaskan diri dari utang

Selesaikan semua kewajiban pembayaran tagihan Anda. Terutama hutang kartu kredit, pastikan Anda bebas dari tagihan yang menumpuk dan terus membengkak. Sebelum pensiun, lunasi semuanya. Setelah itu, belajar untuk bijaksana dalam menggunakan kartu kredit Anda, gunakan kartu Anda hanya untuk memudahkan pembayaran, bukan mengganti pembayaran. Kemudian berlanjut kepada kewajibannya yang lain, termasuk cicilan rumah juga harus sudah beres jelang pensiun.

Pikirkan tentang berapa banyak uang yang Anda menghabiskan untuk cicilan rumah, biasanya hingga mencapai 30 persen dari gaji Anda. Anda bisa mulai membuat perencanaan untuk melunasinya lebih cepat dari tenggat waktu dari sekarang.

Kelola dengan baik dana pensiun Anda

Perusahaan biasanya menawarkan skema dana pensiun, coba mulai menghitung dengan uang yang dapatkan nanti, apakah cukup untuk biaya hidup Anda? Bila dirasa kurang, Anda bisa memikirkan dari sekarang alokasi dana untuk tabungan pensiun. Banyak sekali produk-produk keuangan yang ditawarkan, yang perlu Anda lakukan adalah riset, dan berkonsultasi dengan orang-orang yang bergerak di bidang ini. Semakin awal Anda memulai, semakin baik, karena kekuatan bunga yang majemuk.

Bila perusahaan tempat Anda bekerja, menawarkan dana pensiun dini yang besar, rencanakan apa yang Anda ingin lakukan dengan uang tersebut, agar terbebas dari masalah keuangan ketika tua nanti.

Bertindak sekarang, jangan menunda

Mulai dengan segera perencanaan Anda, jangan tunggu nanti. Pensiun dini menjadi mimpi yang mustahil bagi banyak orang semata-mata karena mereka tidak berencana untuk itu cukup dini. Mantra untuk pensiun dini: harus menyimpan uang lebih banyak dan menghabiskan lebih sedikit. Semakin sedikit pengeluaran, semakin banyak yang bisa Anda persiapkan untuk pensiun. Pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil mewah atau mobil kedua, bahkan ketiga, paket TV berlangganan yang komplit, makan malam dua kali seminggu, atau hangout setiap Jumat malam.

Tetap bekerja dan menghasilkan uang

Pensiun tidak berarti total kehilangan sumber penghasilan, atau bergantung sepenuhnya kepada dana pensiun Anda. Biasanya orang-orang yang memutuskan pensiun dini mereka hanya berhenti pada posisi penuh waktu tetapi mempertahankan usaha kecil atau bekerja paruh waktu di bidang yang mereka cintai untuk penghasilan tambahan.

Lakukan uji coba

Untuk mengetahui jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun nanti cukup, dan nominalnya masuk akal, lakukan uji coba. Caranya dengan mencoba hidup paling tidak selama 12 bulan dengan jumlah yang akan diterima selama pensiun.

0 Komentar untuk Artikel ini

Masukkan Komentar

*
*