BLOG LOKERINDO.ID

LOKER INDO
1 Maret 2016

Tips & Trik Mencari Kerja

Mencari pekerjaan memang hal yang tidak mudah. Bahkan kadang untuk bisa masuk ke tahap seleksi dan wawancara pun harus terlebih dahulu melewati tahap yang panjang dan melelahkan. Bukan itu saja, untuk mengetahui ada tidaknya lowongan pada sebuah perusahaan yang sesuai untuk Anda bahkan seringkali sering luput karena ketidaktahuan akan informasi tersebut.

Padahal mengetahui adanya informasi tentang lowongan adalah gerbang dari serentetan seleksi yang nantinya akan menempatkan Anda sebagai pegawai perusahaan tersebut. Mungkin Anda berpikir sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengetahui informasi penting mengenai lowongan yang Anda cari, tapi benarkan Anda sudah melakukan semuanya?
Bila selama ini Anda hanya menunggu dan mencari calon pekerjaan hanya dari iklan lowongan yang dipasang di koran, lupakanlah. Ini akan membuat Anda semakin lama berputar dalam lingkaran pengangguran.

Bersikap lebih aktif dengan melakukan beberapa hal di bawah. Percaya atau tidak, ini akan memperbesar kemungkinan Anda menemukan calon pekerjaan dibanding hanya memelototi deretan iklan baris pada koran.
l Berita bisnis di koran bukan cuma konsumsi para pengusaha besar
Rajin-rajinlah membaca berita bisnis di berbagai media. Kalau perlu sekalian media yang membahas khusus mengenai masalah bisnis.

Dari sini Anda bisa memperoleh informasi suatu perusahaan yang ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan bisnisnya. Bila Anda menemukan perusahaan yang sedang melakukan pengembangan bisnis atau ekspansi, sudah tentu ini adalah peliang emas untuk Anda. Karyawan baru selalu dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang berekspansi bisnis.

Nah, manfaatkan kesempatan emas ini dengan segera mengirim lamaran yang sesuai dengan bidang Anda.

Malu bertanya tak dapat kerja
Jangan pernah malu bertanya mengenai informasi lowongan kerja pada siapa saja. Mulai dari yang Anda kenal, sampai yang Anda berusaha untuk kenal demi mendapatkan informasi penting tersebut. Utamakan bertanya pada teman-teman Anda yang juga sudah bekerja. Umumnya mereka sudah mengetahui informasi lowongan pekerjaan di kantornya sebelum informasi itu diiklankan. Tetapi jangan remehkan satpam dan cleaning service, karena justru kadang mereka sudah lebih tahu lebih dulu mengenai bocoran lowongan kerja.

Sok pede membawa berkah
Buka buku panduan telpon yang memuat daftar perusahaan. Kemudian carilah perusahaan yang kira-kira bergerak di bidang yang sesuai dengan keahlian Anda. Lalu telponlah perusahaan tersebut dan tanyakan kemungkinan adanya lowongan pekerjaan. Bisa juga dengan cara sedikit ‘sok pede’ dengan bertanya pada resepsionis yang menerima telpon Anda, ‘Saya dengar di perusahaan ini sedang membutuhkan karyawan baru ya..?’

Internet
Ini jaman serba canggih, dengan teknologi yang juga sangat mendukung dan terjangkau. Get on line! Surfinglah di dunia maya dan cari situs-situs yang sering memuat lowongan pekerjaan. Apalagi biasanya situs ini juga sudah mengelompokkan pekerjaan perbidang, sehingga akan lebih mempermudah Anda.

Jeli melihat kesempatan
Perhatikan baik-baik dan pasang telinga serta mata Anda lebar-lebar atas segala bentuk informasi ‘lowongan kerja’. Termasuk memperhatikan dan mengamati perusahaan mana saja yang akan mempensiunkan karyawannya. Secara logika, bila Anda yang dipensiunkan, berarti perusaahan akan butuh pegawai baru untuk menggantikan pergeseran posisi.

Rakus membaca
Rakus membaca itu bagus kok. Apalagi bila Anda melahap jurnal perdagangan dan industri. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui aktivitas dan tujuan suatu perusahaan yang berpengaruh pada masalah tenaga kerja, sekaligus memperkirakan kemungkinan perusahaan tersebut membuka peluang penerimaan pegawai baru.

0 Komentar untuk Artikel ini

Masukkan Komentar

*
*